blog-img-10

Posted by : Administrator

Simposium Matematika Lombok Tahun 2023

GEBYAR MATEMATIKA 2023

GEBYAR MATEMATIKA 2023 merupakan kegiatan pertama kali diadakan oleh insan-insan matematika. Beberapa perguruan tinggi di Pulau Lombok yang menaungi program studi pendidikan matematika, matematika dan statistika berkumpul melakukan kolaborasi dalam mengembangkan pengetahuan di bidang Pendidikan Matematika, Aplikasi Matematika, dan Statistika. Perguruan tinggi tersebut, diantaranya Program Studi Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Mataram, Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Hamzanwadi, Program Studi Matematika FMIPA Universitas Mataram, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram, Program Studi Matematika FMIPA Universitas NW Mataram, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas NW Mataram, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Mataram, Program Studi Politeknik Medica Fama Husada Mataram. Dalam kesempatan perdana ini Program Studi Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Mataram dipercaya menjadi tuan rumah, dan dilaksanakan pada tanggal 26 Juni 2023. Dalam GEBYAR MATEMATIKA 2023 ini diisi dengan beberapa sub kegiatan, yakni Seminar Pengembangan Prodi dan Penguatan SKPI, Penandatangan Mou dan Bukti Implementasi Kerja Sama, Simposium Matematika Lombok 2023. Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Indo-Ms (Himpunan Matematika Indonesia Wilayah Bali Nusra). Simposium Matematika Lombok 2023 diadakan dalam rangka menyikapi perkembangan pembelajaran matematika khususnya di Pulau Lombok.

Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan IPA Universitas Hamzanwadi mendapat kesempatan menjadi salah satu keynote Speaker dengan mempresentasikan hasil kajian tentang “Nilai-Nilai Budaya Sasak dalam Perspektif Etnomatematika”. Hasil kajian ini disampaikan langsung oleh Koordinator Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Hamzanwadi, Ibu Dr. Sri Supiyati, M.Pd.Si. Dalam materinya disampaikan bahwa belajar matematika yang penuh dengan konsep abstrak dapat dipelajari melalui produk-produk budaya sasak seperti artefak, kesenian, dan kerajinan tangan. Etnomatematika merupakan konsep matematika yang dipraktikkan oleh masyarakat dimana setiap aktivitas masyarakat mengandung konsep matematika yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil kajian ini, ternyata mendapat respon yang positif oleh peserta simposium.

Pembicara lain dari Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram, disampaikan oleh Bapak Dr. Nyoman Sridana, M.Si. yang menyampaikan kajian tentang Peta Definisi mempengaruhi Model Rumusan Pengukuran. Dari Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNW Mataram, disampaikan oleh Bapak Dr. Muhammad Galang Isnawan, M.Pd. yang menyampaikan kajian tentang Didactical Design Research (DDR). Dari Politeknik Medica Farma Husada Mataram, disampaikan oleh Ibu Reny Amalia Permata, M.Si. yang menyampaikan kajian tentang Matematika Aktuaria. Dari Universitas Muhammadiyah Mataram disampaikan oleh Bapak Syaharuddin, M.Si. yang menyampaikan materi tentang Artificial Inteligence (AI) di Bidang Peramalan, dan dari Tadris Matematika UIN Mataram, disampaikan oleh Bapak Dr. Habibi Ratu Perwira Negara, M.Pd. yang mengangkat tema tentang  Desain Case Study dengan Perspektif Grounded Theory, dan Trustworthiness In Qualitative Research.

Selain kegiatan Simposium Matematika, dilaksanakan juga penandatanganan kesepakatan bersama antar perguruan tinggi dalam implementasi tri dharma perguruan tinggi, yakni pengajara, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Diharapkan melalui kesepakatan bersama ini seluruh perguruan tinggi terutama yang khusus membidangi program studi pendidikan matematika dapat melakukan kolaborasi baik dalam bidang pengajaran, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat. Kolaborasi ini tidak saja pada tataran dosen, tetapi pada tataran mahasiswa juga diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik.

 

Admin prodi